BUKU KURIKULUM 2013

Seiring dunia yang serba online bergitu juga perubahan kurikulum 2013 yang baru juga menyediakan fasilitas online untuk buku pegangan guru yang semuanya bisa diakses pada subdomain dari situsnya kemdikbud yang dikenal dengan “Rumah Belajar”.
Rumah Belajar yang berisikan buku pegangan kurikulum 2013 yang bisa diakses secara online telah siap meskipun kurikulum baru 2013 baru akan diterapkan. Seperti yang dilansir oleh media online terkemuka bahwa Menurut Kepala Unit Implementasi Kurikulum Pusat, Kemdikbud buku pegangan Kurikulum 2013 yang akan diupload ke dalam laman Rumah Belajar tersebut buku pegangan untuk siswa dan guru. Bentuk file buku pegangan Kurikulum 2013 tersebut berbentuk pdf, beliau juga telah mempersilahkan guru dan siswa mengakses dan mencetak file pdf buku pegangan Kurikulum 2013.
Ada 6 menu yang bisa dilihat oleh pengunjung yaitu:
  1. Kelas Maya (berwarna merah) yang beralamat di http://belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/ berisikan Akses lebih dari 12934 materi belajar secara lengkap dan gratis!
  2. Sumber Belajar (berwarna hijau) yang beralamat di http://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/ berisikan info tentang sumber-sumber belajar.
  3. Pengembangan Profesi Berkelanjutan (berwarna jingga) yang beralamat di http://belajar.kemdikbud.go.id/PPB/ berisikan tentang info PPB atau Pengembangan Profesi Berkelanjutan.
  4. Buku Kurikulum 2013 (berwarna ungu) yang beralamat di http://bse.kemdikbud.go.id/index.php/buku/kurikulum2013 berisikan tentang buku mata pelajaran semua tingkat baik SD, SMP, SMA, dan SMK.
  5. Wahana Jelajah Angkasa (berwarna hitam) yang beralamat di belajar.kemdikbud.go.id/wwt/ berisikan link software yang bisa dinstal.
  6. Anugrah Khajar (berwarna kuning) yang beralamat di http://kihajar.kemdikbud.go.id/ berisikan kuis dan hal seru edukasi lainnya.
Dalam implementasi Kurikulum 2013 ini pemerintah akan mencetak buku dan membagikan secara gratis, sebanyak jumlah peserta didik sasaran implementasi. Buku pegangan terdiri dari buku pegangan untuk siswa dan buku pegangan guru dan naskah buku-buku tersebut telah selesai, kata Tjipto.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, untuk jenjang SD kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama. Namun, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak 5 buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.

Adapun buku untuk jenjang SMP meliputi agama, PKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, prakarya, bahasa Inggris, serta pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan. Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang wajib, tetapi yang dicetak baru tiga mata pelajaran yaitu sejarah, bahasa Indonesia, dan matematika.

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
I love my world © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top